PENILAIAN STATUS HIDRASI TUBUH (ASSESSMENT FLUID STATUS)

Hal penting yang harus diketahuii sebelum melakukan tindakan pemberian cairan parenteral adalah mengetahui secara pasti status hidrasi penderita. Status hidrasi dapat diduga secara empiris melalui anamnesa terarah dan pemeriksaan fisik secara teliti. Pemilihan dan pemberian pertama cairan parenteral dapat secara empiris, yang kemudian disesuaikan dengan hasil pemeriksaan elektrolit atau hasil laboratorium lainnya yang mengarahkan kepada pemilihan akurat jenis cairan.
Terapi cairan awal secara empiris tentu berdasar dari anamnesa dan pemeriksaan fisik yang mungkin dapat menjelaskan mengenai status hidrasi saat itu yang mungkin mengakibatkan terjadinya retensi cairan dan garam (salt and water retention) seperti pada :gagal jantung, gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi hati, berat badan terakhir, asites, edema tungkai. Atau keadaan status kesehatan yang memberikan gambaran kekurangan cairan (water depletion) seperti : muntah, diare, poliurua, demam berkepanjangan, berkeringat lebih. Bila terjadi kehilangan cairan akut, terutama akan mengakibatkan kehilangan cairan ekstraseluler. Penurunan berat badan sebesar 2%, berakibat kehilangan cairan ECF sebesar 10% dan bergejala rasa haus dan oliguria. Penurunan berat badan sebesar 4%, berakibat kehilangan cairan ECF sebesar 20% dan bergejala takikardia dan hipotensi postural. Penurunan berat badan sebesar 6%, berakibat kehilangan cairan ECF sebesar 30% dan dapat mengakibatkan terjadinya renjatan (shock)
Berikut ini terdapat parameter sederhana yang dapat menjelaskan besar volume cairan yang hilang beserta tanda dan gejala klinis penyertanya.






Tanda
Kehilangan Cairan
(Dinyatakan dalam Persentase Berat Badan )
5%
10%
15%
Membran mukosa

Sensoris

Perubahan ortostatik
   pada denyut nadi
   atau tekanan darah

Laju aliran urine

Denyut nadi
Kering

Normal

Ringan



Menurun sedikit

Normal atau meningkat
Sangat kering

Letargi

Ada



Menurun

Meningkat
Panas dan kering
(parched)
Melambat

Jelas



Sangat menurun

Sangat meningkat
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ranking: 5
 
© Bosan Kuliah All Rights Reserved