Nama : Esti Yuliana
NIM : SIR200938
Mata kuliah : Arsitek dan Organisasi Komputer (AOK)
Dosen : Bambang Susilo
KREASI AUDIO DENGAN MATLAB
Akhirnya sahabat setiaku yaitu PC andalanku yang sudah menemaniku selama 5 tahun ini bersedia untuk diinstall MatLab. Dalam rangka memenuhi tugas AOK yaitu bikin review dikit tentang audio maka terciptalah posting ini. Jreng… Jreng… (o^-^o) tung.. tung.. *pake sound effect buatan sendiri
1. Ok, ok kita mulai dari buka matlabnya ya..
2. Aktifkan menu editor
3. Klik New M-File untuk membuka editor kosong
A. Membuat Bunyi Sirene
Pertama kita akan coba membuat bunyi sirene, ketikkan koding berikut pada editor.
%File Name:SIRINE.m
%Oleh: ESTI YULIANA SIR200938
fs=8000; % sampling rate
dt=1/fs; % sampling period
dur=2.8;
t=0:dt:dur;
psi=2*pi*(100 + 200*t + 500*t.*t);
xx= 7.7*sin(psi);
sound(xx,fs);
Dengan mengkreasikan fs (sampling rate) dan dt (sampling period) maka akan jadi suara tembakan mainan. Untuk informasi semakin sedikit fs-nya maka akan semakin pelan audionya dan sebaliknya. Untuk menyisipkan komen kita ketikan %. Jadi % yang diatas tidak masuk dalam kategori koding ya…
fs=10000;
dt=10/fs;
lalu kita kreasikan lagi dengan mengubah fs dan dt, wew jadi suara klik mouse nich law kita ubah begini
fs=50000;
dt=1000/fs;
Semakin banyak kita berkreasi suara yang dihasilkan tentunya akan bermacam-macam. Contoh diatas adalah contoh sebagian kecil law kita utak-atik koding yang lain tentunya akan beraneka ragam pula hasilnya. (ckck… kadang heran sama orang yang bisa bikin software jangan-jangan IQ-nya 300! Wkwk)
B. BUNYI TELEPON
Fs=8000; t=0:0.001:1.5;
y1=sin(2*pi*852*t)+sin(2*pi*1209*t);
y2=sin(2*pi*770*t)+sin(2*pi*1477*t);
y3=sin(2*pi*770*t)+sin(2*pi*1477*t);
y4=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1209*t);
y5=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1336*t);
y6=sin(2*pi*697*t)+sin(2*pi*1209*t);
y7=sin(2*pi*941*t)+sin(2*pi*1477*t);
wavplay(y1,Fs)
wavplay(y2,Fs)
wavplay(y3,Fs)
wavplay(y4,Fs)
wavplay(y5,Fs)
wavplay(y6,Fs)
wavplay(y7,Fs)
jika kita UBAH Fs=16000; maka akan menghasilkan bunyi telepon yang lebih nyaring. Lalu kita coba mengubah Fs=5000; maka bunyi yang dihasilkan akan lebih pelan.
C. Memanggil contoh suara yang ada di Matlab
clear all;
load chirp %memanggil audio data (MAT files).
sound(y,Fs)
maka hasilnya adalah kicauan burung, chirp itu bisa anda ubah dengan kata gong(hasilnya bunyi gong), splat (bunyi benda jatuh), laughter (bunyi orang tertawa), train (bunyi kereta). Library file sound ini tersimpan di C:\Program Files\MATLAB\R2008b\toolbox\matlab\audiovideo
D. MENCIPTAKAN KREASI BUNYI DAN MEMBUAT PLOT
fs = 8100; % sampling rate
T = 8/fs; % sampling period
t = [0:T:0.80]; % time vector (panjang waktu)
f1 = 48; % frequency in Hertz (frekuensi)
omega1 = 2*pi*f1; % angular frequency in radians
phi = 2*pi*0.90; % arbitrary phase offset = 3/4 cycle
x1 = cos(omega1*t + phi); % sinusoidal signal, amplitude = 1
plot(t, x1); % plot the signal
xlabel('Time (seconds)');
ylabel('x1');
title('Simple Sinusoid');
sound(90*x1, fs); % play the signal; MENENTUKAN HASIL SUARA, SEMAKIN BESAR ANGKA UNTUK MEMAINKANNYA, SEMAKIN LAMA & NYARING BUNYI YANG DIHASILKAN.
Hasil bunyi : tut! (coba kreasikan angka-angka diatas anda akan mendapatkan hasil yang berbeda-beda)
Hasil plot :
Contoh lain :
phi = 2 * pi * 5; % 1/4 cycle phase offset
x1 = cos(omega1*t + phi); % sinusoidal signal, amplitude = 1
x2 = cos(2*pi*150*t + phi)/3; % sinusoidal signal, amplitude = 1/3
x3 = cos(2*pi*250*t + phi)/5; % sinusoidal signal, amplitude = 1/5
x4 = cos(2*pi*350*t + phi)/7; % sinusoidal signal, amplitude = 1/7
x5 = cos(2*pi*450*t + phi)/9; % sinusoidal signal, amplitude = 1/9
xcomplex = x1+x2+x3; % signal combining
plot(t, xcomplex);
xlabel('Time (seconds)');
ylabel('xcomplex');
title('More Complex Signal');
sound(3*xcomplex, fs); % play the signal
hasil suara : bunyi signal
hasil plot :
Koding-koding diatas saya dapat dari tutorial dosen saya, namun saya juga mengembangkan dengan koding yang saya dapat dari materi dari internet. Pagi yang dingin di Baturraden.. BRR… Rrr.. Bentar lagi ujian mid nich… Semangat! ^^ salam dari Esti Yuliana Tama Chan.