Transek Garis Dalam pengambilan Data Terumbu Karang

Pengambilan Data Karang
Transek garis (“Line Intercept Transect”) merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menilai kondisi terumbu karang di suatu lokasi. Biota-biota dalam terumbu karang tersebut dimasukkan kedalam beberapa kategori berdasarkan bentuk pertumbuhan (benthic lifeform) sehingga metode ini juga disebut dengan metode “benthic lifeform” atau bahkan disebut dengan metode lifeform saja.

Beberapa keuntungan dari Pengguna metode ini antara lain :
  • Pengelompokkan biota ke dalam beberapa kategori mempermudah peneliti atau orang dengan kemampuan terbatas untuk identifikasi terumbu karang.
  • Metode ini merupakan metode sampling untuk menghitung persentase tutupan biota yang sangat efisien dan dapat dipercaya.
  • Hanya memerlukan sedikit peralatan dan relatif sederhana dalam penerapannya.
Dalam melakukan transek garis dengan metode benthic lifeform ini, tidak hanya ditekankan pada terumbu karangnya saja akan tetapi meliputi seluruh biota yang berasosiasi dengan ekosistem tersebut (seperti alga, spong, dan biota lainnya) disamping itu juga dapat digunakan untuk analisis faktor abiotiknya
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ranking: 5
 
© Bosan Kuliah All Rights Reserved